Memilih Sekolah Untuk Anak Menurut Islam

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Memilih Sekolah Untuk Anak Menurut Islam

Memilih sekolah untuk anak menurut Islam tentu akan menjadi pertimbangan bagi setiap orang tua. Karena setiap orang tua ingin agar putra putrinya bisa mendapatkan pendidikan yang bermutu. Bukan saja mampu menyerap ilmu-ilmu pengetahuan umum, tetapi juga ilmu agam yang sangat penting untuk kehidupannya baik di dunia maupun di akhirat kelak. Sehingga, melalui pendidikan itulah anak akan ditanamkan sejak dini agar bisa menghadapi masa depannya kelak dengan lebih baik.

Tips Memilih Sekolah

Memilihkan sekolah untuk anak adalah dilema bagi sebagian besar orang tua. Oleh karena itu tidak sedikit orang tua yang mengusahakan untuk mencari informasi dari berbagai sumber, baik internet maupun berkonsultasi dengan orang-orang yang berpengalaman. Hal tersebut untuk lebih memastikan agar putra putrinya bisa benar-benar mendapatkan pendidikan yang baik. Apalagi pendidikan merupakan penentu masa depan bagi setiap anak. Berikut adalah tips memilih sekolah untuk anak menurut Islam .

1. Kurikulum Sekolah

Hal ini perlu untuk diperhatikan sebelum memilih sekolah yang berbasis Islam . Karena sekolah yang berbasis Islam , kurikulum yang diberikan adalah berupa pelajaran-pelajaran yang akan mengajarkan dan membawa murid-murid untuk beriman dan taat kepada Allah SWT serta menumbuhkan perilakuperilaku yang telah diajarkan di dalam agama Islam . Sehingga tidak hanya sebatas teori, namun murid bisa memahami dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

2. Finansial

Menyekolahkan anak di sekolah Islam ada beban tersendiri bagi sebagian orang tua yang finansialnya terbatas dan tidak memungkinkan untuk menyekolahkan anaknya di sekolah tersebut. Dan jika orang tua memaksakan untuk menyekolahkannya di sekolah tersebut, maka dikhawatirkan hal tersebut akan membuat beban tersendiri bagi keluarga.

3. Guru Yang Baik

Guru harus bisa memberikan contoh yang baik kepada seluruh muridnya. Memilih sekolah untuk anak menurut Islam juga harus memperhatikan akan tenaga yang mendidik juga memiliki perilaku yang baik dan mampu memberikan pengajaran keIslam-an untuk para murid. Selain itu, karena jadwal di sekolah Islam terbilang lebih lama, maka dalam hal ini hubungan antara guru dan murid pun juga akan lama dan semakin terbina kedekatan diantara keduanya. Guru pun semakin memahami apa yang menjadi masalah atau kendala dari murid-muridnya ketika belajar. Begitu pun juga mengetahui minat apa yang menjadi fokus dari muridnya.

4. Varian Ekstrakurikuler

Banyaknya ekstrakurikuler yang disediakan membuat murid lebih bisa bebas memilih yang sesuai dengan keinginan maupun minatnya. Dengan begitu murid lebih bisa mengeksplor apa yang menjadi bakatnya dan dapat tersalurkan dengan baik.

Penanaman Akhlakul Karimah

Akhlak adalah aspek yang harus diperhatikan karena hal tersebut akan terus berlaku seumur hidup. Berakhlakul karimah merupakan kebiasaan-kebiasaan yang menerapkan tingkah laku atau budi pekerti yang mulia dan sesuai dengan ajaran Islam . Hal tersebut sangat penting untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, seperti menghormati dan berbakti kepada orang tua, berbuat baik kepada siapa saja, melakukan apa yang diperintahkan oleh Allah SWT dan menjauhi apa yang dilarang, serta mewujudkan kecintaan kepada Allah SWT.

Di mana kesemuanya itu perlu untuk dibiasakan sejak dini dan salah satunya melalui sekolah yang berbasis Islam . Di sekolah inilah bimbingan dan penanaman akhlakul karimah akan diberikan kepada putra putri Anda.

Memilih sekolah untuk anak menurut Islam adalah hal baik di mana orang tua telah turut membimbing anak-anaknya agar bisa mendapatkan pendidikan yang tetap melibatkan ajaran Islam di dalamnya. Dengan begitu selain di rumah bersama orang tua, anak juga akan menerima pendidikan berbasis Islam dari sekolahnya.

0
0
0
s2sdefault
powered by social2s
Sekolah Islam Terpadu AULIYA. Copyright © All Rights Reserved.