KEUNGGULAN KURIKULUM

Desain sistem pembelajaran 5.0

Image
  • Sekolah Auliya menerapkan sistem pembelajaran terbaik dan relevan dengan tantangan kehidupan generasi siswa di masa mendatang.
  • Sistem pembelajaran yang berorientasi High Order Thinking Skills (HOTS) serta berbasis metode Student Active Learning (SAL) tersebut dinamakan Desain Sistem Pembelajaran (DSP) 5.0, generasi kelima dari inovasi sistem pembelajaran di Sekolah Auliya.
  • DSP 5.0, yang mulai diterapkan di Tahun Pelajaran 2022/2023 ini, memadukan 3 (tiga) kurikulum sekaligus yaitu Kurikulum Merdeka, Kurikulum 2013, dan Kurikulum khas Auliya yaitu Kurikulum IKLaS. Penerapan DSP 5.0 tersebut dikelola oleh para guru dengan dedikasi tinggi sesuai keilmuan yang relevan serta kolaborasi aktif para orang tua.
  • Gambar dibawah merupakan diagram dari DSP 5.0 yang diimajikan dalam bentuk pohon seperti tertuang dalam logo Sekolah Auliya yaitu Pohon Pembelajaran Auliya.

Profil Pelajar Pancasila - AULIYA

DSP 5.0 diterapkan agar seluruh siswa yang belajar di Sekolah Auliya diharapkan mencapai kompetensi sesuai Profil Pelajar Pancasila – Auliya (PPA), sebagai dreams and hopes bagi semua komunitas Sekolah Auliya.
Image

KURIKULUM MERDEKA
DAN KURIKULUM 2013

Untuk mencapai 8 (delapan) Profil Pelajar Pancasila – Auliya, Sekolah Auliya menerapkan 3 (tiga) kurikulum sekaligus secara terpadu. 2 (dua) di antaranya adalah kurikulum nasional dan yang ketiga adalah kurikulum khas Auliya. 2 (dua) kurikulum nasional tersebut adalah Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013.
Image
Image

Sekolah Penggerak

  • Sekolah Penggerak adalah sekolah model dari penerapan Kurikulum Merdeka. Dengan menjadi model implementasi Kurikulum Merdeka, sekolah lain dapat mencontoh penerapan operasional yang sudah diterapkan di Sekolah Penggerak.
  • Program Sekolah Penggerak dalam menerapkan Kurikulum Merdeka berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetensi literasi dan numerasi serta karakter, yang diawali dengan SDM yang unggul yaitu kepala sekolah dan guru.
Image

KURIKULUM IKLaS (Islami, Karakter Sukses, Literasi Era 4.0, Skil Abad 21)

  • Untuk mencapai keseluruhan 8 (delapan) Profil Pelajar Pancasila – Auliya, Sekolah Auliya memadukan Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 dengan Kurikulum khas Auliya yaitu Kurikulum IKLaS.
  • IKLaS disini adalah singkatan dari Islami, Karakter Sukses, Literasi Era 4.0, dan Skil Abad 21.
  • Kurikulum IKLaS, sesuai dengan kepanjangannya, diterapkan untuk mencapai 4 (empat) ranah kompetensi penguatan khas Auliya, yang pada akhirnya menjadi bagian dari pencapaian 8 (delapan) Profil Pelajar Pancasila – Auliya.
  • 4 (empat) ranah kompetensi penguatan tersebut memiliki kompetensi rinciannya masing-masing yang dibelajarkan dalam program pembelajaran tertentu. Jumlah keseluruhan rincian kompetensi penguatan IKLaS adalah 18 (delapan belas) kompetensi.
ISLAMI

Meningkatkan kemampuan dan kesadaran siswa dalam mengaplikasikan nilai-nilai keislaman dalam kehidupan sehari-hari, melalui program-program yang sudah dirancang sesuai target kompetensi siswa.

KARAKTER SUKSES
LITERASI 4.0
SKILL ABAD 21

Program Pembelajaran

  • Program Pembelajaran di Sekolah Auliya adalah kegiatan belajar mengajar untuk menerapkan 3 (tiga) kurikulum tersebut di atas.
  • Terdapat 5 (lima) Program Pembelajaran yang terdiri dari dua bagian: 1 (satu) program pembelajaran untuk menerapkan Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 dan 4 (empat) program pembelajaran untuk menerapkan Kurikulum IKLaS.
  • Pembagian program pembelajaran tersebut ditunjukkan dalam matriks di bawah.
Image

Dedikasi Guru

Sebagai institusi pendidikan yang Islami dan modern, Sekolah Islam Terpadu AULIYA memiliki nilai – nilai budaya kerja yang diterapkan oleh seluruh Civitas AULIYA yaitu AULIYA Dedication Culture (ADC):
  1. PROUD TO BE MUSLIM
    Menjadikan Islam sebagai landasan nilai, pondasi seluruh konsep pendidikan dan sebagai tujuan hasil pendidikannya. 
  2. EAGER TO GROW
    Memiliki pola pikir untuk terus bertumbuh, terus belajar dan keluar dari zona nyaman. 
  3. HAVE POSITIVE ATTITUDES
    Menumbuhkan sikap positif sehingga terbentuk persepsi yang baik di masyarakat luas. 
  4. CREATIVE AND COLLABORATIVE
    Menguasai kemampuan berpikir kritis, komunikatif, kreatif dan kolaboratif dengan meneladani sifat Nabi Muhammad SAW. 
  5. PERFORM YOUR BEST 
    Menampilkan kinerja terbaik meliputi aspek kompetensi, prestasi, dan legacy (karya) 

 

Image

Kolaborasi Orang Tua

  • Kolaborasi orang tua dengan sekolah adalah kunci keberhasilan pendidikan. Sekolah Auliya senantiasa berkolaborasi dengan orang tua untuk berperan aktif dalam memberikan usulan kegiatan untuk kemajuan Pendidikan di Auliya.
  • Orang tua dapat bersinergi sebagai narasumber pembelajaran untuk memberikan motivasi dan inspirasi kepada siswa. 
  • Beberapa kegiatan yang melibatkan kolaborasi orangtua diantaranya: 
  • Auliya Collaboration Day, 
  • Auliya Sharing Session, 
  • Auliya Achievement Review, 
  • Protam dan lainnya. 
  • Wadah kolaborasi Sekolah Auliya dengan orang tua juga terjalin dalam ISTIYA (Ikatan Silaturahmi Orang Tua Sekolah Islam Terpadu Auliya) dan Majelis Ta’lim. 
Image
Image

TKIT AULIYA

Gedung Abu Bakar Ashiddiq

Jl Jombang Raya No. 39, Pondok Aren

TKIT : (021) 745 2897

SDIT AULIYA
Gedung Umar bin Khattab

Jl Jombang Raya No. 1, Pondok Aren

Telp :  (021) 7486 3669

Gedung Utsman bin Affan

Jl Jombang Raya No. 49, Jombang Ciputat

Telp : (021) 2762 2139 

SMPIT AULIYA

Gedung Ali bi Abi Thalib

Jl Jombang Raya No. 49, Jombang Ciputat

SMPIT : (021) 745 9203

 

SMAIT AULIYA

Gedung Ali bi Abi Thalib

Jl Jombang Raya No. 49, Jombang Ciputat

SMAIT : (021) 745 8939

Peta Sekolah

Image
Sekolah Islam Terpadu AULIYA. Copyright © All Rights Reserved.

Search