User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Mengenal Metode Pembelajaran Sekolah Islam Terpadu

Metode pembelajaran Sekolah Islam Terpadu sendiri akan diselenggarakan berdasarkan konsep “one for all”. Yang artinya, keseluruhannya ada dalam 1 atap sekolah. Dalam hal ini para siswa akan memperoleh 3 sistem pengajaran secara lengkap, mulai dari pendidikan umum, agama serta keterampilan.

Pada pendidikan umum, materi atau kurikulum yang diberikan, akan mengacu pada pada kurikulum nasional, yang tentu saja dikembangkan oleh Diknas itu sendiri. Untuk pendidikan agama sendiri, akan menekankan pada pendidikan akhlak, aqidah, dan juga ibadah, yang dikaitkan pada kehidupan sehari-hari. Ilmu seperti ini, yang nantinya akan menumbuhkan perilaku shaleh dalam lingkungan sekolah, dan bermasyarakat. Yang terakhir adalah pendidikan keterampilan, ini akan dikemas dalam kegiatan aneka ekstrakulikuler, yang menyediakan berbagai macam pilihan kegiatan, untuk para peserta didik. Dimana keseluruhan ekstrakulikuler tersebut, akan mengacu pada prinsip dasar keterampilan hidup / life skill, yang tentu saja lebih Islami.

Model Pembelajaran

Dalam proses penerapannya, berbagai macam ilmu pengetahuan yang diberikan dalam SIT ini akan menggunakan model pembelajaran yang lebih terpadu. Berikut ini adalah model pembelajaran yang dimaksud ;

1.Dialog

Yang dimaksud dengan dialog disini adalah kegiatan berdiskusi antar para peserta didik, dan juga dengan para pengajar, tentang aneka materi pelajaran yang diberikan.

2.Belajar sambil praktek

Disini para peserta didik, tidak hanya akan belajar secara teori saja, namun juga akan belajar secara praktek. Sehingga ilmu pengetahuan yang akan didapat akan semakin luas.

3.Visitasi

Para peserta didik juga akan mengunjungi suatu kawasan tertentu, guna mempelajari berbagai macam hal yang ada di lokasi tersebut.

4.Metode belajar kreatif atau sinektik

Peserta didik juga akan diajarkan untuk lebih kreatif dalam melihat dan mempelajari berbagai macam hal.

5.Belajar menggunakan komputer

Mengingat saat ini adalah era digital, maka para para peserta didik, dalam hal ini juga akan diajarkan tentang cara menggunakan komputer dan dunia digital dengan baik, terarah dan pastinya terkendali.

Alat didik

Tentunya berbagai macam metode pembelajaran Sekolah Islam Terpadu yang telah disebutkan di atas, tidak akan memperoleh hasil yang maksimal, jika tidak ada dukungan dari alat didik yang mumpuni. Dalam sekolah ini, alat pendidikan yang dimaksud antara lain :

  1. Adanya pembiasaan diri dalam seluruh peserta didik.
  2. Adanya keteladanan yang baik, dari para pengajar yang ada.
  3. Adanya bentuk kasih sayang, yang simultan antara semua orang, mulai dari antar peserta didik dan pengajar yang ada.
  4. Adanya bentuk kesabaran, dari para peserta didik dan juga para pengajar.
  5. Terbentuknya mitra yang baik, dan harmonis antara para staf pengajar dan para peserta didik.
  6. Terbentuknya respek yang baik dari para peserta didik untuk para staff pengajar yang ada.
  7. Terbentuknya kepedulian antar peserta didik dan staff pengajar.
  8. Adanya rasa berlapang dada / Encouraging terhadap berbagai macam hal.

Pemberian kurikulum

Untuk pemberian kurikulum dalam metode pembelajaran Sekolah Islam Terpadu ini sendiri, tidak jauh berbeda dengan sekolah pada umumnya. Plus ada beberapa kegiatan pengembangan diri yang harus diikuti oleh para siswa, antara lain :

1.Life skill

Dalam hal ini penguasaan dasar teknik komputer, baik menyangkut hardware dan juga software.

2.Pramuka

Termasuk ekstrakurikuler wajib, dimana di dalamnya akan disisipi tentang kerohanian, fisik skill, wawasan, kepemimpinan dan juga persaudaraan yang tentunya berkaitan erat dengan keislaman.

3.Tahsin Tahfidz

Tujuannya adalah untuk mengajarkan para siswa dalam membaca Al-Quran, secara baik dan benar, termasuk menghafalnya.

4.Pendampingan

Guna membentuk siswa tampil dengan pribadi yang islami, serta mampu menjaga diri dan siswa lainnya dari berbagai macam hal yang tidak islami. Dengan adanya berbagai metoda tersebut, diharapkan anak-anak akan tumbuh dan berkembang menjadi pribadi muslim yang mandiri, cerdas, dan pastinya berakhlak muslim sejati.

0
0
0
s2sdefault
powered by social2s

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Memilih Sekolah Islam di Bintaro Secara Tepat !

Di tengah banyaknya sekolah yang ada seperti sekarang ini, sedikit banyak membuat para orang tua kebingungan dalam memilih sekolah yang dianggap paling tepat. Contohnya saja Anda yang saat ini tinggal di Bintaro, dan ingin memasukkan anak ke dalam sekolah Islam yang tepat. Sebenarnya hal ini tidak sulit. Mengingat sekolah Islam di Bintaro, ini cukup banyak. Dimana masing-masing sekolah mempunyai keunggulan, fasilitas yang berbeda-beda. Untuk membantu Anda dalam memilih sekolah Islam yang dianggap tepat. Tidak ada salahnya jika memperhatikan beberapa hal berikut :

Tujuan orang tua

Seperti yang dijelaskan selintas di atas, masing-masing sekolah Islam di Bintaro mempunyai keunggulan dan fasilitas yang berbeda-beda. Terutama Anda yang ingin memberikan pendidikan agama yang lebih baik, maka dalam hal ini perhatikan aneka pelajaran agama yang diberikan, berapa lama proses belajar yang diberikan, dan aneka pelajaran lain apa saja yang diberikan. Dengan kata lain, pilih sekolah yang sesuai dengan tujuan Anda dalam memberikan sistem pendidikan seperti apa pada anak tersebut.

Kemampuan finansial

Selain tujuan, dalam memilih sekolah Anda juga perlu mempertimbangkan sisi finansial. Mengingat sekolah Islam yang umumnya dikelola oleh Swasta ini, biayanya tidak bisa dibilang murah. Maka dalam hal ini, sebaiknya sesuaikan finansial yang Anda miliki, dengan biaya sekolah anak itu sendiri. Pastikan semuanya dapat berjalan dengan baik, tanpa harus membebani salah satu sisi keuangan tertentu.

Guru dan kurikulum di sekolah

Karena kali ini, Anda akan memasukkan anak ke dalam sekolah Islam, maka pilih dan perhatikan guru-guru yang ada, serta kurikulum yang diberikan. Walau pada umumnya kurikulum yang diberikan ini, masing menganut standar kurikulum Diknas. Namun khusus untuk kurikulum lokal, dalam hal ini keagamaan, berbeda dan masing-masing mempunyai sistem pengajaran yang berbeda. Pastikan anak membutuhkannya dan mampu menguasainya dengan baik.

Fasilitas dan kondisi lingkungan sekolah

Hal lain yang juga harus Anda pertimbangkan disini adalah fasilitas sekolah dan juga lingkungan sekolah itu sendiri. Untuk masalah fasilitas, Anda perlu memperhatikan fasilitas apa saja yang dimiliki oleh sekolah, dan apakah fasilitas yang ada mumpuni untuk aneka kurikulum yang ada, serta membuat para siswa nyaman dan terbantu karenanya. Walaupun memang sekolah yang fasilitasnya lengkap, biayanya tidak bisa dikatakan murah. Demikian pula sebaliknya. Selain memperhatikan fasilitas, Anda juga perlu memperhatikan kondisi lingkungan sekolah. Bagaimana kondisi lingkungan di luar sekolah, dalam lingkungan sekolah, komunikasi antara staf pengajar dan siswa, serta hal lainnya. Untuk masalah seperti ini, Anda sebaiknya mencari tahu, melalui teman atau siapa saja yang anaknya sekolah di sekolah tersebut. Hal ini penting, mengingat Anda akan menitipkan anak ke sekolah tersebut, jadi pastikan materi pendidikan serta keamanan dan kenyamanan anak, dalam kegiatan belajar mengajar juga baik.

Perhatikan keinginan anak

Satu lagi hal yang paling penting, sebelum Anda memilih sekolah yang dianggap tepat, yaitu memperhatikan keinginan sang anak. Disini Anda perlu memperhatikan, yang akan sekolah di sekolah tersebut adalah anak Anda. walaupun Anda memperkirakan bahkan memilih sekolah yang dianggap baik dan cocok untuk kebutuhan sang anak. Akan lebih baik, jika sedari awal, Anda melibatkan sang anak, dalam memilih sekolah keislaman.

Lakukan diskusi tentang kelebihan dan kekurangan sekolah Islam di Bintaro yang ada. Dengan adanya diskusi seperti ini, tidak hanya Anda yang mampu memutuskan, anak juga akan memutuskan berdasarkan keinginannya sendiri. Tanpa paksaan, maka anak akan lebih nyaman dalam bersekolah, dan melakukan berbagai macam kegiatan yang ada, baik itu kegiatan sekolah, hingga kegiatan ekstrakurikuler.

0
0
0
s2sdefault
powered by social2s

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Latar Belakang Lembaga Pendidikan Islam Muncul di Indonesia

Seperti namanya, Lembaga Pendidikan Islam, artinya, ini adalah sebuah lembaga yang akan memberikan edukasi atau pembelajaran tentang keislaman. Tentu saja latar belakang lembaga pendidikan Islam ini dibentuk berdasarkan kebutuhan masyarakat itu sendiri, akan pendidikan Keislaman yang tepat.

1. Krisis Akhlak mulia

Di tengah era Modernisasi yang ada saat ini, ternyata sedikit banyak memberikan dampak pergeseran moral yang tidak bisa dianggap sepele. Fenomena kecemasan, bingung, aneka macam konflik yang sebenarnya selele, kemudian dianggap menjadi hal yang besar, membuat perilaku banyak orang, jadi sedikit menyimpang, dan hal ini akan menjadi gangguan tersendiri untuk orang lain. Selain itu beberapa hal dari dunia barat yang dinilai kurang Islami, lalau informasi tersebut langsung ditelan bulat-bulat, tanpa adanya filter, dan telaah lebih dalam, tentunya memberikan dampak negatif tersendiri bagi siapa saja yang tidak mengetahuinya. Ini yang kemudian memberikan efek negatif bagi orang tersebut, terutama bagi anak-anak yang belum mengerti tentang norma, kesopanan dan yang lainnya.

2. Kesibukan orang tua

Di zaman yang serba sibuk seperti sekarang ini, banyak orang tua yang bekerja, tidak hanya ayah namun juga ibu. Hal ini yang sedikit banyak, membuat pendidikan pada sang anak jadi sangat kurang. Tidak hanya sampai disana, jadwal sekolah yang hanya setengah hari atau half day school, ini terkadang membuat para orang tua, merasa khawatir, dengan berbagai kegiatan anak di luar jam sekolah. Terutama dari segi pergaulan. Ini juga yang kemudian melatar belakangi banyak sekolah Islam yang memberikan jam sekolah full day school.

3. Kebutuhan akan sekolah unggul

Latar belakang lembaga pendidikan Islam berikutnya adalah adanya kebutuhan untuk memberikan sekolah yang unggul pada anak, terutama yang beragama muslim. Sekolah tidak hanya dituntut untuk memberikan ilmu pendidikan sebagai mana mestinya, namun juga dituntut untuk mampu menghasilkan siswa yang berakhlak, sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW, plus mempunyai ketrampilan yang cakap. Keterampilan yang dimaksud adalah life skill, atau kemampuan lain atau kelebihan lain yang dimiliki oleh siswa. Ini yang kelak menjadi modal utama dirinya untuk mampu maju dan berkarya di masyarakat luas, plus mempunyai akhlak yang baik.

4. Kebutuhan pendidikan terpadu

Seperti yang selintas disebutkan di atas, Lembaga pendidikan ini, sangat dibutuhkan, mengingat kebutuhan akan pendidikan keislaman yang tepat, serta siswa yang mempunyai daya kompetensi seimbang, di tengah masyarakat global. Jadi para siswa dituntut untuk mampu memiliki ilmu Qauliyah dan kauniah yang seimbang. Sehingga mampu menghasilkan generasi muda muslim yang berwawasan luas, dan bermanfaat bagi umat.

5. Mutu pendidikan Islam

Walaupun saat ini masih ada sekolah Madrasah untuk memperoleh ilmu pendidikan agama, namun banyak masyarakat yang masih menganggap hal tersebut kurang lengkap. Karena hanya memberikan ilmu setengahsetengah, atau dalam hal ini ilmu agama saja, sedangkan ilmu lainnya tidak terlalu dalam. Dengan adanya kombinasi yang tepat antara sekolah madrasah serta sekolah umum yang ada, dianggap mampu memberikan jawaban, bagi kebutuhan masyarakat itu sendiri, dalam memperoleh generasi muda yang berakhlak mulia dan juga mempunyai wawasan yang luas.

6. Orientasi pendidikan yang bersifat Kognitif

Tidak hanya sampai disana, pada umumnya sekolah, hanya memberikan teori saja, sedangkan prakteknya cukup jarang. Lembaga Sekolah Islam seperti ini dituntut tidak hanya mampu memberikan teori, namun juga praktek serta diskusi, sehingga para siswa mampu memahami materi yang diberikan dengan sangat baik. Seperti yang diuraikan diatas, maka latar belakang lembaga pendidikan Islam ini dianggap wajar, dan mampu memberikan jawaban yang tepat, sesuai dengan kebutuhan zaman.

0
0
0
s2sdefault
powered by social2s

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Memilih Sekolah Islam di Bintaro Secara Tepat 

Di tengah banyaknya sekolah yang ada seperti sekarang ini, sedikit banyak membuat para orang tua kebingungan dalam memilih sekolah yang dianggap paling tepat. Contohnya saja Anda yang saat ini tinggal di Bintaro, dan ingin memasukkan anak ke dalam sekolah Islam yang tepat. Sebenarnya hal ini tidak sulit. Mengingat sekolah Islam di Bintaro, ini cukup banyak. Dimana masing-masing sekolah mempunyai keunggulan, fasilitas yang berbeda-beda. Untuk membantu Anda dalam memilih sekolah Islam yang dianggap tepat. Tidak ada salahnya jika memperhatikan beberapa hal berikut :

Tujuan orang tua

Seperti yang dijelaskan selintas di atas, masing-masing sekolah Islam di Bintaro mempunyai keunggulan dan fasilitas yang berbeda-beda. Terutama Anda yang ingin memberikan pendidikan agama yang lebih baik, maka dalam hal ini perhatikan aneka pelajaran agama yang diberikan, berapa lama proses belajar yang diberikan, dan aneka pelajaran lain apa saja yang diberikan. Dengan kata lain, pilih sekolah yang sesuai dengan tujuan Anda dalam memberikan sistem pendidikan seperti apa pada anak tersebut.

Kemampuan finansial

Selain tujuan, dalam memilih sekolah Anda juga perlu mempertimbangkan sisi finansial. Mengingat sekolah Islam yang umumnya dikelola oleh Swasta ini, biayanya tidak bisa dibilang murah. Maka dalam hal ini, sebaiknya sesuaikan finansial yang Anda miliki, dengan biaya sekolah anak itu sendiri. Pastikan semuanya dapat berjalan dengan baik, tanpa harus membebani salah satu sisi keuangan tertentu.

Guru dan kurikulum di sekolah

Karena kali ini, Anda akan memasukkan anak ke dalam sekolah Islam, maka pilih dan perhatikan guru-guru yang ada, serta kurikulum yang diberikan. Walau pada umumnya kurikulum yang diberikan ini, masing menganut standar kurikulum Diknas. Namun khusus untuk kurikulum lokal, dalam hal ini keagamaan, berbeda dan masing-masing mempunyai sistem pengajaran yang berbeda. Pastikan anak membutuhkannya dan mampu menguasainya dengan baik.

Fasilitas dan kondisi lingkungan sekolah

Hal lain yang juga harus Anda pertimbangkan disini adalah fasilitas sekolah dan juga lingkungan sekolah itu sendiri. Untuk masalah fasilitas, Anda perlu memperhatikan fasilitas apa saja yang dimiliki oleh sekolah, dan apakah fasilitas yang ada mumpuni untuk aneka kurikulum yang ada, serta membuat para siswa nyaman dan terbantu karenanya. Walaupun memang sekolah yang fasilitasnya lengkap, biayanya tidak bisa dikatakan murah. Demikian pula sebaliknya. Selain memperhatikan fasilitas, Anda juga perlu memperhatikan kondisi lingkungan sekolah. Bagaimana kondisi lingkungan di luar sekolah, dalam lingkungan sekolah, komunikasi antara staf pengajar dan siswa, serta hal lainnya. Untuk masalah seperti ini, Anda sebaiknya mencari tahu, melalui teman atau siapa saja yang anaknya sekolah di sekolah tersebut. Hal ini penting, mengingat Anda akan menitipkan anak ke sekolah tersebut, jadi pastikan materi pendidikan serta keamanan dan kenyamanan anak, dalam kegiatan belajar mengajar juga baik.

Perhatikan keinginan anak

Satu lagi hal yang paling penting, sebelum Anda memilih sekolah yang dianggap tepat, yaitu memperhatikan keinginan sang anak. Disini Anda perlu memperhatikan, yang akan sekolah di sekolah tersebut adalah anak Anda. walaupun Anda memperkirakan bahkan memilih sekolah yang dianggap baik dan cocok untuk kebutuhan sang anak. Akan lebih baik, jika sedari awal, Anda melibatkan sang anak, dalam memilih sekolah keislaman. Lakukan diskusi tentang kelebihan dan kekurangan sekolah Islam di Bintaro yang ada. Dengan adanya diskusi seperti ini, tidak hanya Anda yang mampu memutuskan, anak juga akan memutuskan berdasarkan keinginannya sendiri. Tanpa paksaan, maka anak akan lebih nyaman dalam bersekolah, dan melakukan berbagai macam kegiatan yang ada, baik itu kegiatan sekolah, hingga kegiatan ekstrakurikuler.

0
0
0
s2sdefault
powered by social2s

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Karakteristik Sekolah Islam Terpadu yang Perlu Diketahui 

Seperti namanya SIT atau Sekolah Islam terpadu, maka karakteristik Sekolah Islam Terpadu akan lebih menegaskan akan Keislaman yang seharusnya dimiliki oleh para peserta didik, selain keilmuan yang ada. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah karakteristik Sekolah Islam Terpadu yang dimaksud :

1. Menjadikan Islam sebagai landasan filosofis

Seperti namanya, SIT, maka dalam hal ini nilai Keislaman, akan sangat digunakan dan dimasukkan ke dalam berbagai macam hal yang berhubungan dengan dunia pendidikan. Terutama pendidikan yang diberikan pada sekolah itu sendiri.

2. Mengoptimalisasi kurikulum

Seperti diketahui bersama kurikulum yang ada, berasal dari Diknas, atau Dinas Pendidikan. Karena ini adalah sekolah Islam, maka berbagai macam ilmu pengetahuan yang ada, tentunya akan dikombinasikan dan dikaitkan dengan berbagai macam nilai keislaman yang seharusnya.

3. Mengedepankan Qudwah Hasnah

Dalam hal ini, para siswa dan staf pengajar akan sangat mengedepankan qudwah Hasnah atau teladan yang baik, yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Tentunya ini akan menjadi sebuah keniscayaan untuk gemuruh umat Islam. Dalam menauladani Rasulullah untuk menjadi seorang muslim sebagaimana mestinya.

4. Menumbuhkan Biah Solihah

Para siswa dituntut untuk dapat menciptakan suasana yang baik untuk diri sendiri dan lingkungan sekitar. Terutama dalam hal ini adalah iklim dan lingkungan sekolah yang ada. Tentu saja para siswa juga diminta mampu menumbuhkan kemaslahatan serta meniadakan kemaksiatan dan juga kemungkaran terutama di lingkungan sekitar.

5. Kerjasama antar orang tua dan masyarakat

Proses belajar mengajar ini juga sangat membutuhkan peran serta dari pihak orang tua, serta masyarakat sekitar. Guna mencapai tujuan pendidikan yang diinginkan, dalam hal ini menciptakan seorang siswa sekaligus muslim yang sebagaimana mestinya, seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Dengan adanya kerja sama antara staff pengajar, orang tua, lingkungan sekitar dan siswa, maka bukan tidak mungkin proses belajar mengajar akan jauh lebih mudah.

6. Mengutamakan nilai Ukhuwah

Para peserta didik atau para siswa juga diminta untuk mampu mengutamakan nilai Ukhuwah yang kondusif dan baik, bagi semua warga sekolah. Artinya setiap siswa diminta untuk mampu berinteraksi dengan baik, dengan seluruh warga yang ada di lingkungan sekolah.

7. Membangun budaya yang tepat

Para siswa juga dididik tentang budaya keislaman yang tepat, mulai dari rawat (mampu merawat berbagai macam hal secara tepat, dan sebagaimana mestinya), Resik (mampu menjaga kebersihan dengan baik, dimanapun dan kapanpun), runut (mampu menjalankan berbagai macam tugas dengan baik, sesuai dengan urutan yang ada), rapi (mampu tampil dengan baik kapan dan dimanapun juga, baik dalam hal berbusana, bertutur kata dan yang lainnya), sehat (baik dari segi jasmani dan juga rohani) serta asri (dalam hal menjaga alam dan lingkungan sekitar).

8. Kegiatan sekolah yang bermutu

Mampu menjamin seluruh proses kegiatan yang ada di sekolah, untuk selalu berorientasi pada mutu pendidikan, dan juga mutu budaya keIslaman yang ada.

9. Menumbuhkan budaya profesionalisme

Dalam hal ini para siswa akan diajarkan dan dididik dalam budaya profesionalisme yang tinggi. Termasuk dalam hal ini, para tenaga didik dan juga tenaga kependidikan yang ada. Dengan ditumbuhkannya rasa ini, maka para siswa akan tubuh menjadi orang yang lebih profesional dalam hal apapun. Walaupun terlihat sepele, namun dengan diterapkannya karakteristik Sekolah Islam Terpadu ini sedari awal, akan membentuk manusia yang lebih baik, baik dalam hal akhlak, dan berbudaya, terutama dalam nilai Islam, seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW.

0
0
0
s2sdefault
powered by social2s
© 2018 SIT AULIYA. All Rights Reserved. Designed @AULIYA Design Team