PRESTASI

#KataMereka Kata Mereka Tentang TKIT Auliya

Fitri Ismalia, S.Pd

Sambutan Kepala Sekolah

Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh. 

Segala puji hanya milik Allah SWT. Shalawat dan salam senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad SAW, juga keluarga, dan para sahabatnya.

Ayah bunda, di masa Golden Age, Pendidikan Anak Usia Dini mengiringi pijakan pertama ananda dalam dunia pendidikan. Memberikan nuansa keceriaan, kebahagiaan, dan pembelajaran yang saling berpadu untuk menciptakan fondasi kuat bagi masa depan. 

Kami percaya bahwa setiap anak memiliki potensi unik yang perlu ditemukan, dikembangkan, dan dihargai. Untuk itu, kami menyambut Ayah dan Bunda dengan penuh kehangatan untuk dapat berkolaborasi mengembangkan potensi ananda dalam semua aspek perkembangannya dan mencapai kompetensi pembelajaran yang diharapkan secara optimal. 

Dengan pendampingan penuh kasih sayang dari para guru, menyajikan pengalaman belajar yang kreatif dan interaktif agar ananda dapat belajar dengan bahagia dan siap melangkah ke jenjang pendidikan selanjutnya. 

So,  Let’s Play and Learn with Islamic Sentra. Sampai jumpa di TKIT Auliya

Wassalamu’alaikum Wr Wb

Program Pembelajaran

Pembelajaran TK Auliya dirancang untuk mencapai tugas perkembangan anak di usia dini melalui metode SENTRA yang dilaksanakan dalam suasana pembelajaran yang menyenangkan. Metode SENTRA berbasiskan SAL dan HOTS menjadi bingkai pelaksanaan 5 Program Pembelajaran Auliya untuk melatih siswa untuk meningkatkan kreativitasnya, kritis dalam menyikapi masalah dan mencari solusi, mampu bekerja sama dalam tim dan berkomunikasi dengan baik dalam bingkai nilai keislaman yang terintegrasi dalam setiap kegiatan.

5 Program Pembelajaran Auliya adalah:

  1. Program Merdeka Belajar
  2. Program Mantap Keislaman 
  3. Program Utama Karakter-Skil 
  4. Program Cakap Literasi 
  5. Program Juara Ekskul

Program Merdeka Belajar

Kegiatan pembelajaran dengan esensi bermain bermakna sebagai perwujudan “Merdeka Belajar, Merdeka Bermain”  melalui 9 (sembilan) Sentra yaitu: Al Qur’an dan Ibadah, Discovery dan Nature, Art, Music and Movement, Dramatic Play, Math and Language, Block and Construction, English dan Computer. 

Dengan metode pembelajaran yang dirancang untuk mengoptimalkan potensi anak melalui interaksi dengan berbagai media, beragam pilihan kegiatan sesuai dengan minat anak, dengan konsep-konsep yang spesifik sehingga memungkinkan anak terlibat dalam kegiatan bermain, berkomunikasi dan belajar sesuai dengan kecepatan serta kemampuan masing-masing untuk mencapai aspek tugas perkembangannya yang mencakup: nilai agama dan moral, nilai pancasila, fisik motorik, kognitif, bahasa, dan sosial emosional.

Elemen capaian pembelajaran Kurikulum Merdeka pada fase Fondasi adalah:

  1. Nilai Agama dan Budi Pekerti
  2. Jati Diri
  3. Elemen Dasar-Dasar Literasi, Matematika, Sains, Teknologi, Rekayasa, dan Seni.

Di Sentra Qur’an dan Ibadah siswa belajar mengenal karakter islami untuk membentuk pribadi generasi muslim yang berahlak mulia.  Siswa juga belajar asmaul husna, bacaan surat, hadits dan doa serta kegiatan ibadah lainnya untuk melatih kecakapan personal dan kecerdasan spiritual, meningkatkan keimanan dan ketakwaan, melatih tanggung jawab sebagai makhluk Allah serta menambah wawasan keagamaan 

Di Sentra Discovery and Nature anak-anak secara aktif terlibat dalam pengalaman belajar mereka dengan cara yang alami dan menyenangkan. Mereka mempergunakan panca indra, mengenal bahan alam dan kegunaannya serta eksplorasi tentang alam agar siswa mampu meningkatkan kecintaan kepada makhluk Allah, juga ciptaan Allah lainnya yang ada di alam.

Di Sentra Music and Movement anak dilatih sensitivitasnya terhadap musik, dengan mengekspos mereka pada musik dan berpartisipasi dalam musik dan tarian. Mereka berkreativitas untuk mengembangkan keterampilan motorik halus maupun keterampilan motorik kasarnya. 

Di Sentra Dramatic Play anak dilatih bermain peran, kegiatan ini sangat baik  untuk perkembangan psikologis dan emosional anak, membantu anak lebih mengenal dirinya sendiri  juga membantu perkembangan berbahasa dan daya imajinasi mereka.

Di Sentra Math and Language, matematika diperkenalkan kepada anak-anak melalui konsep-konsep matematika yang jelas dan menarik, mulai dari hal yang konkret hingga abstrak. Selain itu, anak anak belajar matematika melalui pengukuran, seperti mengukur jarak, mengukur literan, dan mengukur besar kecil. Di sentra ini juga anak-anak diperkenalkan huruf dan merangkai huruf menjadi kata yang mereka jumpai di keseharian, agar fokus numerasi dan literasi anak tercapai.

 

Membantu meningkatkan kemampuan anak dalam penyusunan pola (making pattern), mengembangkan motorik halus dan motorik kasar, mengembangkan daya fantasi anak, mengajarkan konsep bentuk dan ruangan serta membuat perencanaan, mengembangkan dan mengoptimalkan daya fikir, daya cipta  juga kreatifitas.

Di Sentra English anak belajar mengenal kosakata Bahasa Inggris melalui metode Total Physical Respon (TPR).  Kosakata yang dipelajari adalah tentang benda-benda yang biasa mereka lihat dan temui.  Anak belajar melalui permainan dan lagu juga mencoba untuk mengungkapkan ide dengan kalimat yang sederhana.

 

Dalam sentra ini, anak diajak untuk mengenal dasar-dasar teknologi pada komputer. Anak belajar aplikasi sederhana dan mempraktekannya secara langsung. Semua kegiatan ini dilakukan dengan cara yang komunikatif dan menyenangkan, sesuai dengan kebutuhan anak usia dini. 

 
DJI_0108.MP4_snapshot_00.14.817
tarbia islamia
tarbia qurania

Program Mantap Keislaman

Program Mantap Keislaman disusun untuk :

  1. Menghasilkan pemahaman lebih dalam, keyakinan lebih kuat, dan pengalaman harian yang istiqomah, bukan hanya sekedar teoritis namun praktek harian langsung.
  2. Materi pembelajaran dirancang lebih esensial (mendasar) dan mendalam, bukan banyak tapi dangkal.
tarbia islamia

Tarbia Islamia adalah mata program yang terintegrasi dengan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dengan kompetensi Iman dan Takwa, ibadah, dan akhlak.

tarbia qurania

Tarbia Qurania adalah mata program Al Quran dengan kompetensi khataman, hafalan, dan tadaburan.

Program Utama Karakter-Skil

Program Utama Karakter dan Skil disusun untuk menguatkan Karakter Sukses dan skil Abad 21 yang terdapat dalam Profil Pelajar Pancasila Auliya. Program ini dirancang melalui mata program Character and Soft-Skill Projects yang terintegrasi dengan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila berkolaborasi dengan orang tua.

Beragam Character and Soft-Skill Projects yang dilaksanakan tiap semester adalah:

Program Cakap Literasi

Sekolah Islam Terpadu AULIYA membekali siswa menghadapi era digital 4.0 untuk menjadi individu yang cerdas, berpengalaman, dan bertanggung jawab dalam penggunaan teknologi digital, belajar dan berkomunikasi dalam konteks nasional maupun internasional serta cakap finansial.  

Projek Literasi Finansial yang dilaksanakan antara lain:

Program Juara Ekskul

DSC_6544

Proja Ekskul menumbuhkan mental juara siswa melalui program ekskul khusus dengan program mengikuti berbagai perlombaan di dalam dan di luar sekolah.

  1. Melukis
  2. Menari
  3. Taekwondo
  4. Basket
  5. Futsal
  6. Renang
DSC_6680
DSC_2248

Program Pendukung Pembelajaran

Produ (Program Pendukung) Pembelajaran adalah kegiatan intrakurikuler maupun ko-kurikuler yang disusun untuk mendukung pencapaian kompetensi dalam 5 program pembelajaran (Proka, Protap, Protam, Prokap, dan Proja) bagi setiap siswa.

Jenis Program Pendukung Pembelajaran antara lain:

Proka Belajar:

  • Kunjungan Edukatif

Protap Keislaman:

  • Muharram
  • Ramadhan
  • Manasik Haji

Protam Karakter Skil:

  • Ayo Berteman!
  • Hari Kemerdekaan

Prokap Literasi:

  • Bulan Bahasa dan Sastra

Proja Ekskul:

  • Auliya Champions Club
  • Class Meeting

Model Pembelajaran Berbasis Student Active Learning (SAL) dan High Order Thinking Skills (HOTS)

Model Pembelajaran Sekolah Auliya dirancang untuk mencapai Profil Pelajar Pancasila-Auliya melalui pendekatan Student Active Learning (SAL) dan High Order Thinking Skills (HOTS) yang dilaksanakan dalam suasana pembelajaran yang homy dan menyenangkan. Pendekatan SAL dan HOTS Auliya melatih siswa untuk meningkatkan kreativitasnya, kritis dalam menyikapi masalah dan mencari solusi, mampu bekerja sama dalam tim dan berkomunikasi dengan baik dalam bingkai nilai keislaman yang terintegrasi dalam setiap kegiatan. 
 

  • Pembelajaran aktif yang berpusat kepada siswa 
  • Pembelajaran yang dirancang agar siswa dapat berfikir kritis dan kreatif 
  • Menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi 
  • Pembelajaran berbasis proyek 
  • Pembelajaran berdiferensiasi 
bu fitri rev 4

Fitri Ismalia, S.Pd.

Kepala Sekolah TK Islam Terpadu Auliya

6

Risna Dewi Susanti, S.Pd.

Wakil Kepala Sekolah TK Islam Terpadu Auliya

Tim Guru

Kepala Sekolah: Fitri Ismalia, S.Pd

Wakil Kepala Sekolah: Risna Dewi Susanti, S.Pd.

 

Tim Guru:

Ade Isnawati 

Aflah Dian Suciani, S.Pd 

Catur Susilowati, S.Pd 

Hindun Fatchul Mu'in, S.Pd. 

Humairotul Luthfiyah, S.Si. 

Iva Irwanti, S.Pd 

Nurul Sarifah, S.Pd.I. 

Puji Rahayu, S.Pd. 

Purwanti, S.Pd.I. 

Qurrotul Aini, S.Pd 

Rinda Julianti, A.Md. 

Siti Lomrah, S.S. 

Suprapti, S.Pd 

Yusnita Achmad, S.Pd.

Lokasi

Gedung Abu Bakar Ash-Shiddiq

Jl Jombang Raya No. 39, Pondok Aren

Fasilitas

  • Kelas Berdesain Sentra
  • Area Playground
  • Laboratorium Komputer
  • Perpustakaan 
  • Ruang UKS (Unit Kesehatan Sekolah)
  • Taman Sekolah
  • Ruang Tunggu Siswa
  • CCTV di tiap lantai
  • ZoSS (Zona Selamat Sekolah)
  • 2 Area Parkir
  • Lingkungan yang Aman, Bersih, Rapi dan Indah

#AktivitasSentra Video dan Foto Kegiatan